Meningkatkan Traffic Level Blog

BLOG atau lengapknya weblog merupakan  catatan harian yang ditayangkan online sebagai media komunikasi sekaligus sumber berita akan suatu informasi. Berbagai situs telah menawarkan blog gratis dengan keunggulan dan kelemahannya masing – masing walaupun fiturnya tentu tidak akan selengkap dengan membeli domain. Banyak orang (blogger) menggunakan media blog untuk mencari sekaligus menambah komunitas (link). Atau yang hanya surfing, biasa disebut blogwalking dengan cara mengakses blog tertentu dan berharap akan mendapat respon dikunjungi kembali, sementara yang lain menggunakannya untuk menuangkan expresi, pengetahuan, ataupun sekedar mengumpulkan informasi tertentu. Contoh blog gratis ber-domain seperti aliansitheband.wordpress.com

Dewasa ini banyak orang mampu membuat blog bahkan telah menggunakannya untuk keperluan bisnis mereka. Namun notabene tak banyak orang yang mengerti cara “menghias” blog agar menarik minat pengunjung untuk tidak bosan memilih blog anda sehingga memperoleh high traffic. Bagaimana membuat blog yang menarik tanpa harus mengabaikan sisi efisiensi content blog tersebut. Pertama adalah tentu harus mempunyai weblog sendiri, dapat mendaftar gratis pada blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, atau blogdrive.com. Lalu ikuti saja petunjuk yang tersedia karena sangat mudah. Pada dashboard blog yang anda punya akan terdapat banyak menu seperti write, manage, design, dan upgrade seperti yang ada di wordpress.com. Menu itu dapat digunakan untuk mengkreasikan sesuai kemauan penulis.

Blog kreatif harus mempertimbangkan beberapa unsur. Namun kebanyakan sering mengabaikan unsur – unsur penting yang dapat mengurangi nilai katertarikan orang untuk mengunjunginya. Tema dan judul blog adalah yang pertama. Ini sangat vital, karena inilah yang lebih dulu dilihat oleh google index. Tulis judul yang sesuai content dan kiranya banyak orang akan menulisnya juga pada mesin pencari. Meskipun kata atau kalimat yang digunakan sangat umum, namun mengandung hal yang signifikan dan keunikan tersendiri. Misalnya, isi blog tentang perikanan gurame. Maka judul beserta artikel harus tetap berisikan kata “gurame” walaupun diberi embel – embel yang sedikit nyeleneh, karena itu menjadi keyword yang dapat memposisikan blog di search engine, jangan menuliskan seperti “Serba – Serbi Perikanan Air Tawar” karena blog hanya memberikan info tentang ikan gurame saja bukan semua ikan air tawar, itu sangatlah umum. Jika blog berisikan banyak hal atau diary, tuliskan saja nama atau identitas seperti contoh fatihsyuhud.com dan priyadi.net. Banyak orang memenuhi blog-nya dengan kumpulan artikel, informasi, dan pemikiran orang lain atau yang lebih trend disebut dengan cara COPAS (copy – paste), maka sebaiknya cantumkan pula link originalnya, jika tulisan merupakan makalah ilmiah bisa mencantumkan alamat asli pada daftar pustaka. Tetapi disarankan untuk tidak sering melakukan cara ini, karena pengunjung akan lebih tertarik untuk mengakses ke blog aslinya (permalink) yang lebih lengkap, kecuali pembaca hanya ingin tahu sekilas saja maka beruntunglah anda. Pada kasus lain sebaiknya jangan mencampur adukkan bahasa yang digunakan. Jika isi blog menggunakan bahasa Indonesia, maka judul sebaiknya mengikuti bahasa Indonesia, jika memang harus menggunakan istilah asing, maka cari juga arti dalam bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya karena sangat mempengaruhi domisili  masyarakat pengakses.

Aksesoris juga diperhatikan kelayakannya, jangan terlalu berlebihan dibanding isi blog, dan jangan terlalu miskin features. Namun tidak semua blog bisa menayangkan aplikasi yang diinginkan. Hanya blog yang templatenya dapat di-edit saja, seperti blogspot.com dan blogdrive.com. Perlu diingat untuk tidak menambah aksesoris yang kiranya sudah dimiliki pada desktop komputer users, seperti jam, kalender, peta wilayah, kamus online, atau memasang lagu yang bisa membuat low loading blog anda. Pengunjung bahkan mungkin sudah punya winamp dengan lagu yang beragam daripada yang disediakan di blog, apalagi menambahkan bermacam – macam widget yang tidak ada hubungan sama sekali dengan bahasan blog kita. Blogger dapat membuat aplikasi – aplikasi dasar sederhana misalnya bukutamu yang berfungsi melancarkan interaksi antara pengunjung dengan blogger. Situs terkenal penyedia aksesoris ini adalah http://www.shoutmix.com dengan cara daftar lebih dulu, ketika login masukkan id dan password yang terdaftar (1) klik Code Generator (2) Full-frame shoutbox (3) Pilih “Generate the Code” (4) copy HTML dan paste ke template blog (5) Klik Save Setting and Republish.

Sementara untuk mengetahui sumber data statistik pengakses, menunjukkan berapa orang yang telah mengakses blog kita per hari, per minggu, dan per bulan beserta asal mereka menemukan blog kita. Apakah melalui mesin pencari atau via blog dengan memasang situs kita dapat menggunakan Statistic dan Tracker dengan mengunjungi dua situs ternama, http://www.sitemeter.com/?a=newaccount dan http://www.extreme-dm.com/tracking/?reg, setelah terdaftar, login dan masukkan kode HTML pada box template blog anda. Hal ini sebagai gambaran seberapa laku blog kita digunakan sebagai referensi pengunjung. Sedangkan aksesoris lain, kurang lebih hampir sama caranya.

Promosi merupakan hal yang tak kalah penting lainnya. Meng-update posting adalah langkah intern dalam strategi promosi. Tamu akan bosan pada berita dan materi lama, maksudnya lama terpampang pada blog anda, berikan inovasi yang fresh setiap hari jika perlu. Tak peduli kapan permasalahan itu pertama kali mencuat. Kecuali jika blog berisikan news yang mengharuskan posting update berita setiap saat.

Selain itu langkah extern juga sangat berpengaruh. Strategi ini yang banyak di gunakan para blogger. Salah satunya membuat link di posting blog, sebaiknya memilih situs selaras dengan blog kita yang memudahkan untuk sharing masalah yang sama. Karena menciptakan link sama halnya dengan membangun relasi atau jaringan, Caranya dengan block / highlight kata atau kalimat sebagai kuncinya, lalu klick “hyperlink” yang ada di toolbar, kemudian isikan dengan alamat yang anda tuju. Atau dengan menggunakan layanan web submission yang bertugas mengikut sertakan blog secara otomatis tedaftar pada beberapa website search engine (google, msn, yahoo), dapat mendaftar pada domain seperti http://www.sitelevel.com, http://www.jayde.com, dan http://www.fybersearch.com/.

Banyak langkah lain yang efektif untuk mempromosikan blog, diantaranya memberikan komentar dan mengisi buku tamu blog lain, berpartisipasi dalam miling list / forum blogger, cantumkan dalam email atau Yahoo Messenger, dan jejaring sosial lain seperti friendster, facebook, youtube, dan myspace. Namun perlu diperhatikan etika promosi karena pada dasarnya kita menjual informasi yang tersampaikan langsung pada pembaca, bukan merk dan nama. Percuma mempunyai domain bagus tapi tak sekeren isinya, perhatikan juga unsur terpenting lainnya yaitu kerapian dan kejelasan blog.

Nb: Artikel ini sebelumnya berhasil meraih juara II dalam lomba menulis essay yang diadakan oleh situs pendidikan terkenal http://ranhae.com/blog.

Tersaji


~ by aliansitheband on December 4, 2009.

One Response to “Meningkatkan Traffic Level Blog”

  1. weee….
    aliansi pada kemana nie……. kaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: