“The Musician Darkside…” Mempergelap Musik Kita dengan Diminished Scale

DarksideKhi khi khi, judulnya keren banget gitu ya. Yaaa tapi kalau kita ngomongin soal diminished scale, emang gitu judul yang tepat (menurut gw ho ho ho😀 ). Btw temen-temen pernah dengerin lagunya Dream Theater to ? Terkadang ada saat-saat dimana lagu mereka terdengar menakutkan atau gimana gitu deh, pokoknya suaranya terdengar gelap (lha kuping kog bisa tau gelap ya hwehehe) kalau di bahasa Indonesia ini namanya majas Ameliorasi gitu, wah gak nymabung ya ama diminished scale. Nah ketika lagu mereka berubah menjadi menakutkan, berarti mereka lagi pake chord maupun tangga nada diminished. Contoh yang lain, coba aja dengerin musik-musik video game yang udah sampe di stage hantu-hantu gitu ha ha ha atau beberapa lagu yang punya aliran Death Metal, musik-musik tersebut biasanya menggunakan diminished agar lagunya terdengar lebih suram.

THE DIMINISHED CHORD

Benernya bahas scalenya dulu baru chordnya gitu tapi ya gw pengen chordnya dulu gitu ha ha ha😛 . Chord diminished terdiri dari 4 buah nada yang menjadi appergionya dan jarak antar nada tersebut semuanya satu setengah nada (3 fret gitu kalau di gitar). Nah jarak yang unik ini mengakibatkan diminished tergolong sebagai symmetrical scale. Chord yang satu ini juga memiliki keunikan yang lain gitu, yaitu hanya terdiri dari 3 macam chord. Maksudnya apa hayoooo ? Nah gini, secara normal semua chord terdiri dari 12 macam sesuai jumlah nada dalam oktaf. Ya kalau major tu ada C, C#, D dll hingga B dan jumlahnya 12 macam, begitu juga chord minor, dominant, minor 7, suspended dan sebagainya. Namun bila dilihat dari segi bunyi, chord diminished hanya terdiri dari Cdim, C#dim dan Ddim. Coba liat contoh dibawah ini :

Cdim terdiri dari C, D#, Gb, dan A

D#dim terdiri dari D#, Gb, A dan C

Gbdim terdiri dari Gb, A, C dan D#

Adim terdiri dari A, C, D# dan Gb

Coba lihat kandungan dari keempat chord tersebut, semuanya adalah not yang sama kan ? Nah kalau temen-temen udah baca artikel gw tentang “Inversi Chord” mesti bisa menyimpulkan kalau keempat chord tersebut memiliki bunyi yang sama pula sehingga dapat saling menggantikan. Oleh karena itu Cdim, D#dim, Adim dan Gbdim adalah satu macam chord. Begitu juga kalau kita melihat unsur-unsur dari C#dim dan Ddim, mereka juga terbentuk dari 4 chord yang memiliki bunyi yang sama.

Ini gw kasih gambarnya chord C diminished gitu, and kayak biasa mesti gw ambil dari Jguitar.com coy😀 :

Chord dim

Nah kalau mau ganti chord dengan nada dasar yang lain yaa tinggal ganti posisi nada dasarnya aja gitu hwehehehe🙂 .

THE DIMINISHED SCALE

Nah ne sekarang baru tentang scalenya gitu, kalau temen-temen tertarik berimprovisasi pake diminished he he he. Diminished scale memiliki 2 macam bentuk yaitu yaitu diminished scale H-W-H-W-H-W-H-W dan W-H-W-H-W-H-W-H. Tau maksudnya kan coy ? Yaaaa H artinya “half/setengah nada” terus W artinya “whole/satu nada” yang merupakan jarak nada yang satu dengan yang lainnya. Yaaa gini deh, major scale kan W-W-H-W-W-W-H yang maksudnya 1 – 1- ½ – 1 – 1 – 1 – ½ gitu. Nah H-W-H-W-H-W-H-W sekarang udah tau maksudnya kan ?

MENGGUNAKAN DIMINISHED SCALE

Nah bagian ini pasti yang paling ditunggu-tunggu gitu hwehehe, tapi sebelum kita pake coba deh renungin beberapa hal berikut ini, “diminished H-W memiliki suasana menakutkan, suram sekaligus memiliki sensasi musik timur tengah”, sedangkan “diminished W-H juga memiliki suasana suram namun jarak antar nadanya mirip dengan harmonic minor scale milik bang Yngwie Malmsteen untuk musik neoclassical”. Nah itu penjelasan yang amat khusus terhadap kedua diminished scale, namun jangan berpatok pada 2 hal itu aja lho, coz bukan berarti cuma bisa dipake di musik Arab dan Neoclassic aja, Diminished scale dapat digunakan dalam musik apapun hanya saja masing-masing akan memberikan efek yang berbeda kayak yang gw jelasin di atas tadi, kalau kita main lagunya Mbak Melly yang Glow itu terus diselingi diminished H-W, ya waktu selingan itu musiknya jadi serem and bersuasana musik Timur Tengah he he he . Terus ini gambar dari  diminished scale H-W-H-W-H-W-H-W

Scale dim HW

And yang satu ini W-H-W-H-W-H-W-H

Scale dim WH

Nah coba dimainin and rasakan sensasinya halah. Kedua scale ini cocok bila digunakan dalam berbagai chord diminished, diminished7, dan berbagai altered chord yang tidak mengandung #5 atau +5, yaa maksudnya gak boleh di atas chord yang punya nada #5 gitu coy coz chord kayak gini akan menghasilkan nada augmented yang bertolak belakang ama diminished scale. Ato baca lagi artikel gw tentang “Chord Jazz” gitu. Nah di atas chord Cdim7/Cdim/C7-9 dll gitu kita bisa pake C diminished scale. Tau kan maksudnya ? And chordnya juga bisa diganti sesuai selera gitu, mau D#dim deh atau F7+9 gitu juga oke yang penting nada dasar scalenya cocok ama chordnya gitu. Misal kita punya progresi kayak gini :

|    C     Dm    Em    Bdim    ||

Nah biar gampang, kita pake pendekatan derivatif modes aja gitu coy, pas di C bisa pake C ionian, lydian atau mixolydian, pas di Dm/Em pake D/E dorian, aeolian atau phrygian terus terakhir di Bdim bisa pake diminished coy, udah tau teknik derivatif to ? Kalau belum ya baca aja yang “Penggunaan Modes” gitu hwehehe😀 . Atau kalau mau yang agak susah ya :

|    Cmaj7+9    Bdim7    G11-9    Bdim    ||

Nah di semua chord tersebut kita bisa pake diminished scale coy, coz semuanya udah memenuhi syarat penggunaan diminished scale, tapi sesuaikan ama nada dasarnya lho, pas Cmaj+9 ya pake C diminished gitu, pas Bdim ya peke B diminished dan seterusnya. Disamping itu ada juga cara yang lebih advanced dalam berimprovisasi dalam progresi tersebut, kalau kita analisis dulu seluruh chord di atas dan mencari hubungannya dengan unsur-unsur C diminished scale, kita bakal dapatkan fakta bahwa C diminished W-H scale juga memiliki B didalamnya sehingga scale tersebut juga dapat digunakan di atas chord Bdim7. Nah pokoknya gitu deh, ntar kalau dah faseh main scale juga ngerti kog maksud gw ini apa gya ha ha😛 .

Selain itu kita juga tetep bisa make diminished scale pada chord 5, and yang satu ini bakal cocok kalau kita mau berimprovisasi pake diminished dalam lagu rock dll, pokoknya yang berdistorsi gitu coy.

|    C5    D5    G5    F5    ||

Pas C5 pake C diminished/harmonic minor/berbagai scale lainnya, di D5 pake D diminished dan seterusnya gitu.

Nah biar musiknya juga ikutan diminished, kita bisa bikin progresi yang menggunakan urutan chord yang dibentuk dari nada anggota diminished scale dan bentuk chord tersebut bisa diminished maupun 5th chord. C diminished scale terdiri dari C, D#, Gb dan A , dari unsur-unsur chord tersebut kita bisa membentuk chord diminished maupun 5th. Terus jadinya kayak gini C5, D#5, Gb5, A5 atau Cdim, D#dim, Gbdim, Adim hwehehehe.. Sekarang tinggal bikin progresi berdasarkan pilihan chord yang tersedia di atas gitu, ya urutannya terserah deh :

|    C5    A5    D5    C5    |    A5    C5    A5    C5    ||

Atau

|    Ddim    A5    Cdim    D5    ||

Ya gak perlu kayak gini banget gitu coy, cari kombinasi yang lainnya yoooo. Kalau susunan chordnya kayak gini, kita bisa berimprovisasi hanya dengan 1 macam scale, yakni diminished H-W atau W-H saja. Yaaa dua-duanya juga boleh dink and jangan lupa kalau mau berhenti yaaa di appergionya gitu biar gak fales. Selain itu, biar pilihan chordnya lebih banyak, kita juga bisa bikin chord 5 atau diminished pake nada yang terkandung dalam scale baik W-H maupun H-W gitu coy. Yaa ini pengembangan dari sebelumnya, di atas kita kan liat unsur-unsur chord, nah sekarang kita pake unsur-unsur scalenya gitu, tapi resikonya kita cuma bisa improvisasi pake W-H atau H-W aja sesuai dari unsur scale yang mana kita bikin chordnya coy. C dim W-H terdiri dari C D D# F G dan seterusnya, nah bikin aja chord 5 atau dim pake nada tersebut terus atur komposisinya. Tapi jangan lupa, komposisinya dibikin pake W-H jadinya improvisasinya ya pake W-H juga coy, begitu pula kalau bikinnya pake H-W hhhhmmmmmm🙂 .

Btw tips dari gw yang satu ini jangan lupa lho, kalau kita mau pake distorsi ya chordnya yang 5th aja gitu, coz chord dim bakal ancur suaranya kalau dikasih distorsi coy. Tapi kalau emang pengen menghasilkan efek-efek suarnya ancur gitu ya gak masalah coz lagunya juga gak bakal fales ho ho ho.

Nah ne gw ada contoh video yang lucu dari bang Steve Vai, temen-temen gitaris mungkin udah ada yang pernah liat tapi ini adalah contoh penggunaan diminished scale pada lagu sekaligus bagaimana musik yang dihasilkan oleh tangga nada terssebut. Tangga nada yang digunakan pada lagu tersebut adalah diminished scale H-W.

Nah mungkin itu sedikit snapshot tentang diminished scale gitu, dan keanehan suara yang dihasilkan adalah ciri utama tangga nada yang satu ini. Diminished scale adalah simbahnya minor he he he coz nada yang ia hasilkan labih menyedihkan sekaligus suram dibandingkan scale minor biasa gitu😦 . Btw gw lagi kehabisan ide nich mau bikin artikel apalagi gwahahaha bercanda dink😛 . Masih banyak yang pengen gw bagi ama temen-temen gitu kux he he he ALHAMDULILLAH. Gw cuma kagak enak aja gitu bikin artikel tentang teori terus, kayak  bener-bener musisi pinter aja gitu, coz gw sama sekali gak ada ijazah sekolah musikE. Gw ikut les gitar juga cuma 1x, belajarnya bareng  si Rifha and diajarin ama Pak Rus (Om-nya mas Eross Chandra SO7 itu coy, guru gw keren kan😀 ?), setelah beberapa pertemuan terus males padahal belum sampe 3 bulan and tiap bulan juga cuma beberapa pertemuan gitu ha ha ha ha😀 , jangan ikut-ikutan lho. Ya tapi sebagai gantinya gw belajar sendiri and cari info lewat buku juga internet, and hasilnya ya kayak gini gak bisa gw gambarin. Yaaa lagu solo Aliansi itulah gw yang sebenarnya ho ho ho. Ya dah deh gw malah curhat hiks, :-(  tapi tetap semangat buat para musisi otodidak yooooiii !!! And yang akademis juga jangan ampe kalah gitu hwehehehe…

Article by : Tesha – Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on October 16, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: