Ayo Bermain Outside dengan Chromatic Scale dan Passing Note (Improvisasinya Jangan Gitu -Gitu Aja Donk !!!)

Gitar AnehUdah mahir chord 5th kan ? Atau udah hapal banyak scale he he he he. Nah sekarang kita main kromatik aja gitu atau passing note gitu deh coy biar terasa lebih outside hoooo😀 . Oiya sebelum gw melanjutkan artikel ini he he he, gw pengen curhat dulu nich coy, Aliansi bikin versi lain dari lagu solo kami yang judulnya “Nobody Hear Me”, ya kebalikannya lagu Mas Steve Vai yang “Everybody Listening” he he he. Karena terlalu bersemangat bikinnya, ya akhirnya jadi berantakan gituE😦 . Tapi sekarang udah diperbaikin and yakin deh jauh lebih bagus gitu he he he. Lagu yang itu walaupun tanpa sang vocalist ya tetep ada cerita dibaliknya he he he, kisahnya tentang seseorang yang diacuhkan terus oleh orang-orang sekitarnya. Seakan kehadirannya tidak dianggap oleh orang lain. Keadaan seperti ini membuatnya terpaksa menjauhkan diri dari masyarakat. Karena tidak sanggup menahan perasaan tersiksa karena dikucilkan, Ia pun akhirnya melepaskan amarahnya dan memohon pada orang sekitarnya agar memperhatikan dirinya. Namun ketika orang telah memperhatikan , ternyata dia orangnya emang “gak penting” gitu he he he😛 . Ceritanya aneh to ? Tapi temen-temen tolong deh dengerin lagunya gitu. Download aja di bagian our demo blog ini, yang dari box.net itu lho. Jangan lupa kasih kommen yawh..

ABOUT PASSING TONE

Kembali ke topik pembicaraan nich, udah baca artikel yang tentang hubungan chord dan scale kan ? Ini artikel kayak kelanjutannya gitu he he he, tapi gak juga dink. Temen-temen pernah denger istilah passing note gitu kan ? Ya kalau belum gw jelasin aja gitu, passing not adalah nada yang tidak termasuk dalam scale major. Kalau progresi kita dimulai dari C (C D E F G A B) ya passing notnya C# D# F# G# and A# gitu coy. Passing note biasanya digunakan sebagai jembatan atau penghubung antar not. Jika kita menyertakan beberapa dari passing note tersebut pada lagu kita, maka akan terasa lebih outside gitu he he he. Yang jelas lebih keren gitu dunk.

MENGGUNAKAN PASSING TONE

Hmmmm kalau gw nerangin soal passing tone pasti yang paling dicari tu cara makainya kan he he he🙂 ? Teori ini sama kayak yang gw jelasin dalam “Improvisasi Chord” sekaligus “The Walking Bass” gitu, cuma di artikel tersebut kan kita improvisasi pake chord atau not bass, nah sekarang pake scale yang ditambah-tambah gitu ho ho ho. Passing Note hanya bisa digunakan dalam ketukan yang lemah dalam sebuah bar. Tau maksudnya to ? Ketukan lemah itu ya yang gak kuat he he he, bercanda dink. Beberapa musisi and termasuk Gw nyebutnya kayak gitu, misal lagu kita pake birama 4/4, nah ketukan kuatnya ya yang empat kali di tiap bar gitu. Ya pake metronome gitu deh, setel aja temponya 100 bpm and 4/4 gitu, ketukan kuatnya ya suara yang keluar tiap metronomenya berbunyi he he he. Aduuuuh penjelasannya kog jadi muter-muter ya. By the way kalau disimpulkan gitu, ketukan lemah itu saat-saat kosong atau saat dimana metronome tidak berdetik, ya nilainya bisa setengah maupun triplet.  Udah Jelas kan ? Nah ketika kita ada di atas suatu chord sekaligus dalam ketukan lemah kita bisa menyisipkan passing note agar improvisasi menjadi lebih cantik. Tapi satu hal yang harus diingat, jangan menggunakan passing note dalam ketukan kuat, coz bakal bikin nadanya jadi fales gitu. Kecuali kalau kita pake 5th chord he he he. Ya contohnya di Am 4/4 kita improvisasi kayak gini |E F G A | A B C C | E F G C | A G G C || . Wah gak pake skill nich mainnya, 1 nada perketukan hmmmm😛 . Nah itu kan tiap nadanya ada pada ketukan kuat, di antara ketukan kuat pasti ada yang lemah gitu coy, terus isi aja pake passing tone. Ya jadi lebih banyak suaranya gitu. Misal jadi gini |E F G-G# A-A# | A B C-C# C | E F-F# G C | A G-G# G C ||. Yah coba aja yang lainnya gitu deh, gak cuma itu aja kog contohnya, di explore sendiri coy.

ABOUT CHROMATIC SCALE

Gw gak tau pengertian yang tepat mengenai kromatik, tapi yang gw tau kromatik scale adalah susunan nada yang memiliki semua unsur nada. Scale yang satu ini mempunyai jarak ½ antar nadanya, sehingga terdiri dari 12 nada. Berikut ini adalah contoh chromatic scale yang dimulai dari C :

Chromatic Scale

Aneh to ? Tapi kalau kita bisa make kayak ginian, kita dah bebas dalam berkarya he he he🙂 . Gw juga suka pake kromatik atau passing tone gitu. Kromatik scale biasa dipake dalam musik jazz, tapi kalau si musisinya pinter ya bisa aja buat semua aliran musik kayak gw ini ha ha ha ha😀 . Gak dink bercanda coz gw juga masih amatiran gitu he he he. Kalau dalam jazz kita bisa pake sesuka hati, tapi kalau di musik pop dll kita memiliki berbagai keterbatasan dalam menggunakannya. Hmmmm gak juga dink. Kalau kita main improvisasi sama drummer doank gitu, kromatik bisa dipake terus ha ha ha coz gak ada chordnya😛 .

THE 5th CHORD

Bagian ini gak perlu gw jelasin panjang-panjang deh coy. Tapi intinya itu, kromatik scale bisa digunakan dengan bebas dalam chord yang satu ini. Tapi jangan lupa, kalau terlalu bebas musiknya bakal jadi jazz, kalau kita musisis pop ya jangan bebas-bebas banget gitu, awalnya pake modes terus diselingi ama kromatik biar tetep pop, gak bebas ya jadi musisi dengan aliran pop😦 tapi kalau mau jadi musisi yang sukses di Indonesia ya mau gak mau gituE hiks, alirannya harus pop gitu, lo gak paling banter ya pop melayu ho ho ho😛 . Kalau temen-temen itu gitaris cowok, ya jangan main pake kromatik secara total  buat showmanship di depan cewek-cewek, ntar mereka malah bingung gitu he he he kecuali kalau mereka para pecinta jazz hmmmmm

SELINGI DENGAN CHROMATIC SCALE

Nah yang satu ini cocok buat musik pop, atau fusion gitu deh biar gak salah. Kayak yang gw jelasin dikit di atas gitu, petama modes terus baru pake kromatik bentar, pake modes lagi and jangan lupa berhenti di chord tone biar gak fales. Tau maksudnya kan ? Hmmmm cara kayak gini bakal efektif kalau nilai ketukan sebuah chord dalam lagu kita lebih dari satu bar. Ya kalau 4/4 gitu, bar pertama and kedua pake chord yang sama atau bar pertama ampe ketiga pake Am terus gitu he he he. Wah atau gini aja, waktu main solo, minta ke temen-temen band yang lain supaya ganti chordnya tiap 1 bait lagu gitu. 1 bait lagu yang pertama pake Am terus bait kedua pake C biar per chordnya jadi 4 bar kalau biramanya 4/4 gitu he he he😀 .

Nah penerapan kromatik ini bagus kalau kita minta satu bar aja dari tiap chord gitu, benernya terserah seh tapi kan tujuannya supaya musiknya gak jadi jazz gitu ya 1 bar aja he he he. Misal kita punya chord Am yang panjangnya 4 bar, di bar pertama kita pake aeolian, bar kedua dorian, ketiga baru pake kromatik and terakhir balik lagi ke aeolian gitu. Udah tau modes to ? Kalau belum baca aja “Penggunaan Modes” coy. Hmmm penerapan ini gak terbatas kayak gitu aja lho, bisa juga bar pertama pake dorian terus bar kedua ama ketiga pake kromatik dan lain-lain deh. Tapi jangan lupa untuk mulai dan berhenti pada chord tone atau appergio (triad) tersebut biar gak fales gitu. Ini contoh licknya :

Selingan Kromatik

Nah itu contohnya gak harus Major7 gitu coy, C Major doank juga bisa geto. Yang idea 1/2 itu maksudnya terserah temen-temen he he he, mau pake modes apa gitu😀 . Yang bawah itu dari Fm coy beda nada dasar gitu, ya prinsipnya sama aja kayak yang C. Kalau pengen di musik jazz ya pake chord yang agak susah dikit he he he😛 :

Selingan Kromatik Jazz

FORMASI YANG SIMETRIS

Nah ini adalah teknik yang cukup keren he he he. Pernah denger part mellodynya Galih dan Ratna (D’Cinnamons) kan ? Di bagian akhir ada lick yang aneh kayak mundur-mundur pusing gitu he he he🙂 . Lha kog lucu gitu and yang jelas gak fales. Nah teknik inilah yang jadi jawabannya. Sebagai manusia kita juga bisa menerima hal-hal yang sifatnya teratur dan simetris he he he. Temen-temen kan mesti lebih suka bangun persegi yang simetris to daripada yang mencong-mencong he he he🙂 . Gak nyambung dink tapi gak papa. Yang dimaksud simetris itu berarti jarak atau langkahnya, gw susah jelasinnya. Ne liat aja contohnya atu he he he😛 :

Simetris

Nah ngerti kan maksud gw, formasi and langkahnya yang simetris gitu, jadinya gak terikat ama scale coy. Teknik ini juga efektif kalau chord yang kita mainkan cukup panjang atau ada pada beberapa bar gitu he he he.

Nah itu aja sementara dari gw hwe we we😛 . Lain kali gw cerita yang lain juga deh ehem ehem ehem….. Oiyo coba dengerin lagu kita yang “Nobody Hear Me” itu lho, di bagian akhir lagu, kita pake berbagai macam kromatik sehingga nadanya terdengar mistis he he he🙂 . Wah nggaya nich, yo ben Wk Wk Wk..

Article By : Tesha – Aliansi

Reference : Some books by Bang Jody Fisher, Fusion Guitar by Bang Bernard Be2n

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on September 18, 2009.

One Response to “Ayo Bermain Outside dengan Chromatic Scale dan Passing Note (Improvisasinya Jangan Gitu -Gitu Aja Donk !!!)”

  1. Artikelnya bagus brow…
    Segera gilas para musisi yang merusak kualitas bangsa!!!
    hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: