Improvisasi oleh Beberapa Personil Sekaligus

BrasilGuitarDuo 3Oke nich🙂 sekarang back to improvisation he he he. Di band temen-temen ada berapa gitaris nich ? Ada tiga atau empat nich he he he, apa malah gitarisnya 5 and keyboardnya 3 gitu walah-walah jadi big band ck ck ck. Nah kali ini gw mau bercerita tentang bagaimana caranya berimprovisasi bilamana ada beberapa orang (personil) yang pengen main bersama-sama ha ha ha. Bukan Improvisasi aja sich benernya. Membuat komposisi lagu yang ramai juga bakal efektif kalau pake cara ini. Tapi sekali lagi nich, karena gw gitaris ya contohnya jadi pake gitar gitu he he he. Namun cara ini bisa di convert jadi keyboard dan gitaris atau bass and keyboard dll gitu. Terserah deh yang penting bukan ama drummer walah-walah😛 . Tapi kalau drummer band temen-temen juga bisa main major scale pake snare atau cymbal gitu ya gak po po ho ho ho.

Ya ne artikel bakal gak panjang-panjang and banyak basa-basinya gitu coz cuma mengenai trick aja gitu, ini juga Cuma perkembangan dari teori dasar improvisasi gitu, ato baca dulu deh artikel yang pertama di Improvisasi atau yang dari mas Owen di Mengenal Modes nah ini mungkin bisa bermanfaat bagi temen-temen :

GUNAKAN OKTAF ATAU HARMONISASI

Ya ini cara yang amat klasik bila pengen main berdua atau bertiga, misalkan pada saat kita ingin lagu ataupun pertunjukan solo menjadi ramai, ya main aja di oktaf yang berbeda yang satu main di senar atas and yang satu lagi di senar bawah. Ini bakal ngehasilin efek yang tegas buat sound kita. Apalagi kalau mainnya bisa bareng and sama-sama bagus, kalau diliat jadi keren abis gitu ha ha ha. Sederhana tapi bagus, itu kan yang banyak dicari orang-orang he he he🙂 . Coz kalau manggung mendingan biasa aja tapi lancar daripada ruwet-ruwet and jadi kelabakan mainnya hmmmmmm.

Selain itu cara ini juga bisa dikembangkan menjadi  teknik harmonisasi, yaitu dengan memainkan alur melody yang sama namun mulainya dengan nada dasar yang lain. Hal ini biasanya dilakukan dengan nada kelima gitu. Misal kita main melody atau improvisasi mulai dari C nah teman kita yang satu lagi bisa main melody yang sama tapi mulainya dari G gitu, ini kesannya bakal jadi ramain banget he he he. Selain itu pake scale major yang mulai dari nada ke empat juga bisa gitu cuy coz susunannya hampir mirip dengan mode Lydian . Ya misal kalau ada temen yang main di scale C Major, ya yang satu lagi main di F atau G Major dengan alur yang sama gitu.

GUNAKAN NADA DASAR SCALE YANG SAMA

Nah ini cara yang paling sering digunakan gitu. Pernah liat konser G3 kan ? Nah pada sesi akhir, sang maestro gitar akan menunjukkan kebolehannya berimprovisasi sambil bermain bersama-sama. Mereka main langsung rame-rame gitu tapi kog gak fales gitu ? Nah rahasianya ada pada progresi lagu scales masing-masing. Teknik ini bisa digunakan bila progresinya masih standar yaitu tanpa ada perubahan nada dasar. Nah kalau sang gitaris I main melody di scale major C, yang satu lagi juga bisa gitu main di scale C major tapi dengan pilihan nada yang berbeda he he he. Oktaf juga bisa dunk digabungin ama teknik yang satu ini. Yang satu lagi main di senar tinggi gitu kan jadi asyik banget he he he.

GANTI CHORD DENGAN APPERGIO

Ini teknik yang agak ribet dikit, karena digunakan dalam chord yang sudah mengalami perubahan he he he. Caranya adalah memainkan appergio pada nada dasar yang berbeda, tapi ini bakal kasih efek yang cukup mengejutkan he he he. Chord yang kita gunakan akan berganti baju secara otomatis gitu he he he, yang paling enak digunakan adalah perubahan menjadi chord 9. Ini bisa dilakukan dengan memainkan appergio dari chord I yang diubah jadi major 7 dengan appergio dari chord iii yang sifatnya minor, chord minornya juga diganti jadi minor 7 gitu. Udah tau cara nggantinya to ? Ato baca lagi yang “Chord Jazz” gitu. Ya kalau diberikan contoh dari nada dasar C ya yang satu main appergio atau teknik sweep appergio aja yang labih keren ha ha ha, mainin C major7 appergio, and yang satu lagi dari E, yaitu E minor7 appergio. Nah komposisi kayak gini akan menghasilkan chord baru yaitu C Major9 coy he he he. Jadi hati-hati makenya he he he.

Ini contoh yang lain gitu

Contoh Ganti 1

Oiya ini juga gak mesti dari C atau D lho, jangan lupa dicoba pake nada dasar yang lain gitu. Nah ini contoh yang agak rumit lagi gitu :

Contoh Ganti 2And ini yang rumit banget he he he😛 :

Contoh Ganti 3

Nah ini bisa dipake buat bass ama keyboard juga lho atau bahkan sang vokalist juga bisa coy😀 . Karena ada aturan kayak gini makanya bassist juga bisa ikutan main gitu. Tapi kolaborasi yang suaranya paling bagus itu biasanya adalah antara gitaris and keyboardist bro, kalau mereka solo bareng-bareng gitu jadi penuh banget apalagi efeknya selaras antara satu dengan yang lain.

Oiya gw juga mempraktekan teknik-teknik kayak gini lho, coba download lagu solo Aliansi yang judulnya “Kyaa !!” gw juga heran kog malah bikin lagu kayak gini gituE walah walah. Itu 90% elemen lagunya dibikin pake gitar bro cuma efeknya aja yang beda coz ada efek orang teriak-teriak yang bikin ilfil itu bikinnya pake midi ha ha ha. Gw pake sistem oktaf, harmonisasi maupun pergantian chord dalam lagu ini. Gw juga pake scale harmonic minor and phrygian hungarian gitu he he he. Soal scale tersebut ntar kapan-kapan gw jelasin deh bro. Jadinya bisa buat contoh ho ho hoooo😀

Article by : Tesha – Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on September 10, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: