Inversi dan Penyederhanaan Bentuk Chord (Bentuknya Beda tapi Suaranya Sama)

Hellow temen-temen band seperjuangan dan setanah air, ini saatnya untuk bahasa lebih tentang penggunaan lebih dari Triad pembentuk chord. Sebenernya sich artikel ini bagusnya di posting sebelum yang chord jazz gitu, tapi ya apa boleh buat gw juga lupaE he he he. Tapi ya gak pa pa lah, yang penting akhirnya gw juga posting yang satu ini gitu. Dalam artikel chord jazz, kita udah tau gimana caranya bikin chord yang aneh-aneh, tapi kan susah maininnya kalau kita harus mencet fretnya secara urut. Penjelasannya susah ya ? ya kayak yang dijelasin sedikit dalam artikel tersebut, kalau salah satunya boleh dihilangin atau di rekayasa dengan cara kerjasasama tim, sebagian dimainin keyboard atau bass atau gitaris yang saru eh satu lagi gitu, nah itu kalau punya band bro. Kalau gak punya ya bingung dech he he he😀 .

Nah dalam artikel ini kita bakal mengungkap bagaimana cara menanggulangi masalah chord tersebut bila hanya menggunakan sebuah gitar dalam memainkannya :

TIDAK SEMUANYA DIMAINKAN

Ini udah dijelasin sebagian dalam artikel chord jazz, tapi gw masukin di sini coz ini juga bagian dari artikel iniE bro. Chord masih bisa dimainkan walaupun tidak semua nada Triadnya dibunyikan. Namun struktur utama pembentuk chord tersebut harus ada. Secara umum untuk musik pop ataupun rock, nada-nada pembentuk tersebut adalah nada ke 1 dan ke 3. Kedua nada inilah yang membedakan apakah chord tersebut major atau minor. Hanya ada 2 pembeda dalam hal ini karena chord yang selalu digunakan biasanya hanyalah major dan minor saja. Namun bagi musisi yang telah menggunakan permainan chord pada tingkat yang lebih tinggi lagi. Teori tersebut menjadi hal yang tidak begitu bisa diandalkan. Menggunakan nada ketiga dan kelima hanya bisa mambedakan antara major dan minor namun tidak menjelaskan perbedaan antara major dan dominan karena sama-sama mengandung 1 3 dan 5. Dalam perkembangan ini pembeda antar chord adalah nada ke 3 dan ke 7 dan kedua nada inilah yang tetap ada dalam permainan solo (tanpa personel lain) sebuah chord. Misal chord Cmin13 mengandung nada 1, b3, 5, b7, 9, 11, dan 13, kita tak mungkin memainkan semuanya (bila main sendiri menggunakan gitar) tapi kita bisa menghilangkan beberapa not kecuali nada ke 3 dan ke 7 menjadi 1, b3, b7, dan 13. Hal ini sah-sah saja kerana unsur terpenting sudah dipenuhi yaitu nada pembentuk dan ekstensi utama (nada ke 13). Berikut ini adalah contoh penerapannya he he he🙂

Cmin13

Chord di atas tetap dikatakan  Cmin13, walaupun nada pembentuknya dihilangkan sebagian, namun  unsur-unsur pentingnya tetap ada yaitu nada ke 3, 7 dan 13 (ekstensi nada ke 13). Rumus ini berlaku untuk berbagai chord yang ada.

Nah ini juga ada peraturan khusus gitu buat altered chord. Misal chord A7b5 atau A7-5, dia mengandung nada ketujuh tapi juga terdapat sebuah nada yang menjadi altered tone (tone yang dinaikkan atau diturunkan nadanya). Nada b5 tersebut harus tetap digunakan dalam memainkan chord tersebut.

FORMASI TRIAD YANG DIUBAH

Nah ini adalah kemudahan yang berikutnya. Apabila kita telah mengurangi not yang dimainkan, tapi kog nyatanya tetep aja susah ya, misalnya jaraknya cukup jauh and jari juga gak bisa kompromi ama jarak yang jauh-jauh gitu walah-walah :-p . Dalam hal ini kita juga bisa mengganti formasi triadnya. Triad yang terdiri dari 1, 3, dan 5 (bila major) tersebut akan tetap jadi chord major kalaupun kita suruh ganti formasi jadi 3, 5, dan 1 dll gitu, pokoknya dibolak-balik it’s okay bro😀 . Oleh karena itu kalu susunan chordnya susah, bisa dikurangi and kalu masih aja susah, triadnya juga bisa diubah formasinya gitu. Untuk mempermudah kita dalam menerapkan hal ini, bang Jody Fisher dalam bukunya memberi jembatan keledai berupa pembagian daerah senar pada gitar. Dengan mengetahui hal ini kita akan lebih mudah dalam menghapal fingeringnya. Coba liat gambar dibawah ini :

Fret

Dalam gambar tersebut, wilayah senar dibagi menjadi 4 yaitu senar 6-5-4 lalu 5-4-3 lalu 4-3-2 dan 3-2-1 gitu. Kita bisa menerapkan berbagai kombinasi triad dalam masing-masing daerah tersebut. Ne gw punya contoh pembalikan tersebut dalam 4 macam chord (major, minor, diminished dan augmented). Gw gak masukin dominant coz nada 1, 3 dan 5nya sama kayak major gitu,  coba deh fingeringnya dulu gitu.

FORMASI DASAR BENTUK PERTAMA

Ini adalah formasi Triad dasar tanpa di ubah formasinya dalam area string set I, misal dalam F

I I

Ini adalah formasi Triad dasar tanpa di ubah formasinya dalam area string set II , misal dalam C

I II

Ini adalah formasi Triad dasar tanpa di ubah formasinya dalam area string set III , misal dalam C

I III

Ini adalah formasi Triad dasar tanpa di ubah formasinya dalam area string set IV , misal dalam C

I IV

Nah coba deh buat main tu semua formasi ini, kan udah tau to cara pake diminished dan augmented ? Kalau belum ngintip aja lagi ke artikel chord jazz.

FORMASI BENTUK KEDUA

Ini dia yang bentuk kedua, coba dipraktekin dech bro.

Ini adalah formasi Triad kedua dalam area string set I , misal dalam C

II I

Ini adalah formasi Triad kedua dalam area string set II , misal dalam C

II II

Ini adalah formasi Triad kedua dalam area string set III , misal dalam C

II III

Ini adalah formasi Triad kedua dalam area string set IV , misal dalam C

II IV

FORMASI BENTUK KETIGA

Ini adalah formasi Triad ketiga dalam area string set I, misal dalam C

III I

Ini adalah formasi Triad ketiga dalam area string set II, misal dalam C

III II

Ini adalah formasi Triad ketiga dalam area string set III, misal dalam C

III III

Ini adalah formasi Triad ketiga dalam area string set IV, misal dalam C

III IV

Nah itu dia macem-mecem perubahan formasi chord berikut fingeringnya, jangan lupa dilatih lho. Misalkan kita dalam band ada dua orang gitaris ya bisa dipraktekin juga gitu. Yang satu main formasi I dan yang lain formasi 3 di strings set IV gitu biar lebih ramai he he he. Oiya yang dibahas dalam artikel ini kan soal kemudahan bermain chord. Jadinya dari semua formasi tersebut coba dunk ditambah ekstensi biar jadi chord yang temen-temen pengenin gitu.

Btw ini dulu aja yawh dari gw

Article By : Tesha – Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on September 3, 2009.

One Response to “Inversi dan Penyederhanaan Bentuk Chord (Bentuknya Beda tapi Suaranya Sama)”

  1. salooom! mba..ka..ceu ceu,walaah, pokoknya salam hormat dari saya buat kamu yg pinter banget’s tentang teori gitarnya. semoga menjadi keberkahan buat mba Tesha, semoga juga kemudahan selalu menyertai. Amin Ilahi bi haqqi Muhammad wa älihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: