(Chord Jazz) Mengenal, Mengerti, dan Menggunakan Angka – Angka Dalam Chord

music note5Chord pada dasarnya hanya terbentuk dari tiga nada saja. Yaitu nada pertama nada ketiga dan kelima dari scale major nada tersebut. Namun bila kita ingin memahami chord-chord lebih lanjut, perubahan dan penambahan pada chord dapat dilakukan untuk memperkaya suara yang dihasilkan. Ya, maksud gw sekarang ini adalah tentang chord ruwet yang mungkin sering kita denger di musik jazz gitu lox hwehehe. Bagi kita yang pernah menjalani aktivitas pembelajaran musik secara akademis uweeeee, ehem ehem kita pasti mendapat banyak pengajaran tentang istilah-istilah yang baku dalam dunia musik. Berbeda dengan kita yang otodidak hiks😦 , sebagian besar dari kita sudah tentu kurang mengerti banyak tentang istilah akademis tersebut, kayak kunci untuk chord gitu sebenarnya istilah yang salah tapi justru menjamur dalam masyarakat, btw gw juga otodidak gitu, AYO SEMANGAT PARA OTODIDAKERS he he he.

Kayaknya penjelasan yang di atas itu agak ngawur and kemana-kemana ya bro, aduuuh tapi gak pa pa dech yang penting judulnya bener he he he. Dalam artikel ini gw akan mendongeng tentang perjalanan pangeran untuk menyelamatkan sang putri ehem-ehem maksudnya bagaimana mengenal, mengerti, dan menggunakan angka – angka dibalik chord yang aneh-aneh dan diluar chord dasar. Bagaimana cara membaca dan mengerti chord yang rumit-rumit gitu, benernya gampang kux. Btw gak ada hubungannya ya antara pangeran dan chord gitu walah-walah. Tapi gw ada yang lebih gak nyambung lagi nich, kan ada pertanyaan soal mana yang lebih dulu ayam atau telur gitu, tapi yang satu ini jadi perdebatan sengit antara pemikir-pemikir musik, yaitu scale mayor, minor itu benermya bikinan Tuhan atau manusia gitu ? Hayo siapa yang bisa jawab…😀

Wah becandaan terus nich, langsung gw jelasin aja dech

MAKNA ANGKA-ANGKA DI DALAM CHORD

Sebagai musisi kita pasti udah pernah denger chord yang pake 7 ato 6 ato dll gitu deh, nah disini gw mau jelasin soal cara bacanya gitu bro. Angka di belakang nama chord menunjukkan adanya not tambahan di luar tiga not utama pembentuk chord, kalimat ini diucapkan oleh Bang Jubing Kristianto nich he he he.

Lihat gambar di bawah ini bro.. Ini adalah bentuk dari chord ber-ekstensi yaitu CM7

CM7CM7 2

Ne gambar, gw ambil dari Jguitar gitu, coba aja kunjungin gitu bro. Nah di dalam not-not warna biru terdapat angka yang menunjukkan nada kesekian dalam scale Major nada tersebut. Disana terdapat angka 7 yang berarti nada ketujuh juga dimasukkan ke dalam chord C Major sehingga menghasilkan C Major 7. Dan ne contoh satu lagi yaitu Cm7 Ato C Minor 7

Cmin7Cmin7 5

Oiya ada satu hal yang harus diketahui and selalu dicamkan dalam hati, seperti yang gw kasih tau di artikel mengenal harmony, semua chord itu terbentuk dari scale major nada tersebut, walau chordnya minor bukan berarti dia tercipta dari scale minor gitu, dia tetap tercipta dari scale major namun mengalami beberapa perubahan, hal ini amat perlu dipahami untuk bisa menciptakan ataupun menamai chord-chord yang lebih rumit lagi gitu, terutama pemahaman terhadap chord dengan ekstensi 6. Kembali ke Cm7, disana juga terdapat embel-embel b7 (scale C major yang nada ketujuhnya dikurangi setengah). Jika semua nada ini di”genjreng” gitu, dia akan menghasilkan nada Cm7 (suaranya agak bubrah and “mbingungi” gitu he he he😀 ).

Nah sekarang udah donk kan ? Hal ini sama dengan angka-angka pada jenis chord yang lainnya. Misal Dominant 7 gitu bro.

Selain itu chord juga bisa ditambah dengan not ke 6 dari scale major nada tersebut. C minor yang mendapatkan nada keenam sebagai tambahan tersebut akan menjadi C Minor6.

Ini adalah rumus dan tata cara penulisan chord-chord tersebut

Major 7 (1, 3, 5, 7) Contoh simbolnya CM7 atau Cmaj7

Dominant 7 (1, 3, 5, b7) Contoh simbolnya C7 (btw kalau ada chord 7 tanpa tulisan major ato minor berarti dia tergolong chord dominant gitu)

Minor 7 (1, b3, 5, b7) Contoh simbolnya Cm7 atau Cmin7

Minor-major 7 (1, b3, 5, 7) Contoh simbolnya Cm/M7 atau Cmin/maj7

Major 6 (1, 3, 5, 6) Contoh simbolnya C6 (khusus untuk C6, pelafalannya adalah C major 6, ini tidak disebut dominant 6 karena komposisi chordnya tidak ada yang berbeda dengan major)

Minor 6 (1, b3, 5, 6) Contoh simbolnya Cm6

Ingat, urutan nada berdasarkan scale major nada tersebut, C minor 6 tercipta dari nada 1, b3, 5, dan 6 dari skala C major bro.

Untuk melihat fingering dari chord-chord di atas, kunjungi aja chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar.

EKSTENSI PADA CHORD DENGAN NOT YANG ADA PADA OKTAF YANG LEBIH TINGGI

Penambahan not pada chord tidak terbatas pada not dalam 1 oktaf saja, namun bisa ditambah dengan nada pada oktaf berikutnya dalam scale major chord tersebut. Misal nada kedua dalam oktaf yang lebih tinggi dalam scale C major adalah D ( C D E F G A B C D). Nah not D yang akan dijadikan tambahan pada chord C tersebut disebut dengan nada kesembilan cuy🙂 . Kalau C major ditambah dengan nada tersebut akan jadi C Major 9 gitu he he he, mau liat kayak chordnya ? Kunjungi aja chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar gitu, coz ne wordpressnya sering error jadinya susah masang gambarnyaE hwehehe🙂 .

Namun dalam ini, kita gak bisa nambahin semua nada yang lebih tinggi itu ke dalam chord yang mau kita modifikasi. Kita gak bisa menambahkan not pada oktaf berikutnya yang menjadi Triad dalam chord tersebut misal nada ke 3 ato 5 yang ada pada oktaf yang lebih tinggi dalam scale major untuk c major. Benernya boleh aja sich, tapi ya hasilnya tetep C major gitu  he he he. Penambahan lain yang mungkin adalah dengan not ke 11 (not ke 4 di oktaf yang lebih tinggi) dan satu lagi not ke 13 (not ke 6 di oktaf yang lebih tinggi).

Dalam pembuatan chord ini, ada beberapa peraturan khusus gitu he he he

Pertama, untuk membuat chord 9, 11, maupun 13 kita mesti ngikutin adik-adiknya gitu, kalau chord 9 ya harus ama 7 juga, terus chord 11 ya harus ama 7 and 9, ntar kasihan kalu ditinggal dirumah sendirian gitu hiks T_T . Yah becanda lagi tapi gitu deh intinya. Jadinya bakal pake rumus kayak gini

Major 9 (1, 3, 5, 7, 9) Contoh simbolnya CM9 atau Cmaj9

Major 11 (1, 3, 5, 7, 9, 11) Contoh simbolnya CM11 atau Cmaj11

Major 13 (1, 3, 5, 7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya CM9 atau Cmaj9

Dominant 9 (1, 3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya C9

Dominant 11 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya C11

Dominant 13 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya C13

Minor 9 (1, b3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya Cm9 atau Cmin9

Minor 11 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya Cm11 atau Cmin11

Minor 13 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya Cm13 atau Cmin13

Minor-major 9 (1, b3, 5, 7, 9)

Kembali ke chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar nich

Kedua, kan mustahil gitu kalau main chord major 13 di gitar dengan mode full, coz masti mencet nada 1, 3, 5, 7, 9, 11, dan 13. Soal kayak gini gampang kalau kita pemain keyboard gitu wah wah wah.😦 Gw juga gak bisa bro, coz jari gw adanya cuma 5 and gw gak pake gitar yang 10 strings gitu he he he, itu juga yang jempol susah kalau disuruh main , walau bisa juga gitu, kecuali kalau mainnya kayak Bang Balawan gitu ya bisa dunk coz gitarnya 2.  Terus buat mengatasi kayak ginian, kita bisa menghilangkan beberapa not dalam chord tersebut. Yang paling umum untuk dihilangkan adalah nada ke 5 (misalkan C11 dipermudah menjadi 1, b7, 9, 11). Hal ini disebabkan oleh teori bahwa penentu nada tersebut major, minor, atau dominan adalah nada ke 3 dan ke 7. Namun bukan berarti nada tersebut tidak boleh dihilangkan gitu., nada ke 1, 3 dan 7 boleh dihilangkan tetapi dimainkan oleh personel lainnya. Yang terpenting adalah nada yang menjadi tambahan tetap ada dan wajib dibunyikan. Misalnya diubah tanpa nada basnya menjadi 5, 7, 9, 11 tetep jadi C11 kux, atau kalau malez ya dipersedikit lagi menjadi 9 dan 11 aja gitu yang dipencet he he he. Tapi ya gak jelas dunk itu chord apa, kalau udah malez kayak gini, kalau kita punya band, suruh sang bassist aja buat mainin bassnya atau si pemain keyboard buat nglengkapin cuy😀 and kita tinggal mencet dikit gya ha ha. Yang terpenting adalah not ke 3 dan ke 7 akan lebih baik bila dimainkan dalam nada rendah, and sisanya pada nada yang tinggi, atau senar yang lebih kecil pada gitar. Coba aja liat fingeringnya gitu, ntar tau kug maksud gw apa.

Ketiga, peraturan kedua tersebut TIDAK mengikutkan not ke 6 walupun dia adiknya si 7 gitu, chord 9 tidak mengandung not ke 6. Chord 7 juga kayak gitu and yang lain-lainnya.

Keempat, ada sebuah chord yang hanya memberikan satu not sebagai tambahan yaitu chord add9. Kalau dipetik satu-satu, suaranya kayak musik dongeng-dongeng gitu lho, misal waktu kabayan lagi jalan-jalan, atau lagi ngalamun (melamun) musiknya kayak gitu he he he. Dalam chord ini, penambahan hanya dengan not kesembilan saja tanpa yang lain lain

Misal C Major add 9 (1, 3, 5, 9) nah gitu bro and nulisnya ya Cadd9

NOT YANG DIUBAH (ALTERED CHORD)

Seperti yang dah gw ceritain di asal mula harmony, chord bisa saja diberi tambahan (ekstensi), atau sedikit banyak diubah dalam nada pembentuknya. Ini akan menghasilkan chord yang lebih tidak lazim lagi dan biasanya hanya digunakan dalam aliran jazz. Konsep dalam membuat chord ini adalah dengan menaikkan atau mengurangi salah satu atau beberapa not hingga setengah maupun satu nada. Dan penulisan chord ini diberi tanda “#” (kres kalau bahasa Indonesia, sharp kalau English he he he) bila terjadi kenaikan setengah nada dan “b” (mol kalau bahasa Indonesia dan flat kalau English) bila diturunkan setengah nada. Kalau naikin atau nuruninnya satu nada ya jadi ## (double sharps) atau bb (double flats) and itu gak bisa ampe 3 nada lho 😦 . Dan tidak semua nada dalam chord dapat diturunkan atau dinaikkan apalagi nada dasar atau triadnya gitu coz chordnya ntar jadi ganti bro, tapi kalau emang mau ganti jenis chordnya juga gak dilarang je.  Yang secara umum dilakukan perubahan nada adalah pada nada ke 5 dan ke 9 gitu cuy. Begini penulisannya misal Bm7 mau ditambah nada ke 9 gitu and mau diturunin setengah nada ya jadi Bm7 b9. Kalau C13 mau dinaikin nada ke 5, dan 9 setengah nada ya jadi C13 #5 #9, tapi ya gak lazim chord kayak gini buat nyanyiin lagunya Peterpan gitu adududuh. Coba deh cari buku atau gambar yang memuat berbagai macam chord gitu, ntar biasanya ada dech fingering dari chord ini, tapi mesti susah yang jelas gitu (buat pemain gitar lho, kalau buat keyboard ya tetep gampang gitu). Oiya btw simbol # atau b dalam chord juga bisa diganti pake alternatif lain kux, # diganti jadi + dan b diganti dengan – gitu bro, misalkan C13+9 nah gitu lho, ini bukan artinya C13 ditambah not kesembilan gitu cuy tapi C13 yang nada kesembilannnya dinaikkan setengah nada. Sekarang coba deh bikin sendiri gitu chordnya, jangan liat gambar terus, kalau kita bikin sendiri di fret gitar atau piano dll, ntar malah lebih cepet inget sekaligus paham not-not apa yang terkandung di dalamnya gitu.

CHORD YANG MEMILIKI NAMA TAMBAHAN

Ini adalah chord yang terakhir, chord yang diberi nama ini yaitu suspended, augmented dan diminished chord. Suspended adalah chord yang berasal dari penghilangan nada ke 3 dari chord dan menggantinya dengan nada ke 4. Tidak adanya nada ketiga dan mengandung not ke 4 yang memiliki interval “Perfect” dari nada dasar, menyebabkan chord ini bisa dikatakan minor, major, maupun dominan. Maka kita bisa berimprovisasi menggunakan scale major, minor, dominan dan lain-lain di atas chord ini. Suspended Chord juga memiliki bentuk lain yaitu suspended 2, yang menggantikan nada ketiga menjadi nada ke 2. Kemudian Augmented yang mempunyai arti yaitu “lebih”, ini adalah chord major yang memiliki nada kelima yang telah dinaikkan setengah nada. Dan diminished chord yang merupakan chord minor yang nada kelimanya diturunkan setengah nada. Diminished chord juga dibagi menjadi 2 macam yaitu half diminished dan diminished

Suspended 4 (1, 4, 5) Contoh simbolnya Csus atau Csus4

Suspended 2 (1, 2, 5) Contoh simbolnya Csus2

Augmented (1, 3, #5) Contoh simbolnya Caug atau C+5

Diminished (1, b3, b5, bb7) Contoh simbolnya Cdim

Half Diminished (1, b3, b5, b7) Contoh simbolnya Cmin7-5 (nah ini yang jadi chord ketujuh dalam harmony)

CAMPUR ADUK CHORD

Chord yang berangka maupun yang memiliki nama yambahan juga bisa dicampur adukkan bro. Misal kita punya B11 dijadiin B11sus4-9 gitu juga bisa nich, and rumusnya jadi 1, 4, 5, b7, b9 gitu yawh. Coba aja deh bikin macem-macem chord, tapi harus tau juga gitu makenya kapan terutama yang udah kelewat aneh, artikel yang berikutnya (tapi entah kapan gw bikin, pokoknya tunggu aja) bakal mbahas soal penggunaan chord yang pake plus minus bro, sekarang bisa bacanya and ngerti dulu aja gitu yawh “Coming Soon”.

Oiya biar gak BeTe, gw kasih tips nich, gimana cara make chord yang aneh tersebut (tapi belum yang altered chord lho, yang itu ntar-ntar aja gitu😦 ) :

Pertama, chord 6, 7, 9, 11, 13 dan add 9 adalah perkembangan dari chord major, minor maupun dominan, sehingga mereka dapat digunakan sebagai chord substitusi atau perantara perpindahan chord. Misalnya temen-temen mau nyayiin lagunya Kuburan yang Lupa-Lupa Ingat gitu he he he

C     Am    Dm       G
C A minor D minor ke G ke
C      Am      Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C      Am      Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C
C lagi

Terus temen-temen gak puas ya tinggal ganti aja gitu ehem-ehem, jadi gini

CM7   Am7   Dm9      G9
C A minor D minor ke G ke
CM9   Am7      Dm7     G6
C lagi A minor D minor ke G ke
CM7    Am9     Dm9    G9
C lagi A minor D minor ke G ke
C6
C lagi

Hoe hoe hoe, lagunya jadi aneh kan, kalau mau aransemen lagu biar bagus  and keren kayak musisi Jazz pake cara kayak gini aja nich, tapi vokalis band temen-temen harus ganti cara nyanyinya gitu he he he😀 . TAAAPIII, chord mayor ya gantinya ama yang major gitu, jangan terus loncat jadi minor, and begitu juga dominant. Dalam lagu Lupa-Lupa Ingat tersebut nada dasarnya adalah C sehingga harmony V5 ada di G, jadi G tersebut adalah chord dominant and gantinya juga pake dominant dunk. Dan si drummer and personel band yang lain juga dikasih tau gitu biar gak jadi kacau mainnya, drumnya metal tapi chordnya jazzy kan bikin ilfil juga gitu. Selain itu chord kayak gini jelek kalau pake distorsi yang menggelegar gitu, jadi aneh bunyinya😦 . Kecuali suspended gitu, apalagi yang suspended 2, itu malah bagus karena bisa menghasilkan suara yang menyejukkan hati, mau contoh ? Coba dengerin lagunya Joe Satriani yang Revelation, dia pake chord suspended 2 gitu di intro dan sebagian besar lagunya. Chord yang satu ini bisa dijadikan chord utama sekaligus untuk mempercantik chord.

Kedua, khusus untuk augmented dan diminished, penggunaannya adalah sebagai perantara antara satu chord dan yang lainnya, augmented menjadi perantara antara chord mayor dan diminished sebagai perantara chord minor. Sebagai contoh kita punya progresi kayak gini :

C _ _ _|G_ _ _ |C _ _ _ |G _ _ _ |

Am_ _ _|Dm_ _ _|Em_ _ _|Am_ _ _ |

Bisa baca kayak gini to ? Gw gak bisa baca tulis not balok jadinya gw tulis kayak gini aja  gitu. Itu maksudnya pake birama 4/4 dan temponya terserah aja he he he. Tanda underscore berarti kita tetap menggunakan chord yang sama sepanjang tanda tersebut dan bernilai 1 ketukan. Nah dari sini kita akan memperkaya progresi chord tersebut dengan menggunakan aug dan dim. Ingat Augmented untuk mayor dan dim untuk minor.

C _ Caug _|G_ Gaug _ |C _ Caug _ |G _ _ _ |

Am_ Adim _|Dm_ Ddim _|Em_ Edim _|Am_ _ _ |

Nah kayak gini lagunya jadi ruwet he he he, tapi tempo and musiknya jasi Jazz gitu cuy atau dibikin distorsi dengan tempo cepat gitu jadi neoclassic he he he.

Btw kalau diminish juga bisa diantara chord major dan minor gitu, tapi penggunaannya pada chord minornya. Sebagai contoh :

C _ _ _|Bm_ _ _ |C _ _ _ |G _ _ _ | diubah menjadi

CM7 _ Bdim _|Bm7_ _ _ |CM7 _ Caug _ |G7 _ _ _ |

Atau diminish juga bisa diletakan antara dua nada chord minor atau pun mayor yang sama-sama menuju chord minor. Dan chord diminished tersebut dibuat dari nada yang setengah lebih tinggi dari nada sebelumnya. Sebagai contoh :

CM7 _ C#dim _|Dm7_ D#dim _ |Em7 _ E#dim _ |Am Am7 Am9 _ |

Wah itu yang belakang kog jadi panjang ya he he he, ya suka suka gw donk..

Oiya khusus buat chord yang pake angka, kemampuannya gak itu aja sich, masih banyak gitu, tapi kayak yang gw bilang di atas tadi, bakal gw tulis di artikel yang lain and yang jelas coming soon gitu. And satu hal lagi, gw gak masukin semua bentuk fingering chord-chord aneh di atas ke artikel ini, jadi sekali lagi liat aja ke chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar yawh

Oiya yang gw sebutin dalam article ini barulah satu halaman dari ribuan halaman dari teori musik yang ada gitu, oleh karena itu temen-temen jangan lupa tetap belajar and mencari sumber yang lainnya yawh.

Article By : Tesha – Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on August 30, 2009.

One Response to “(Chord Jazz) Mengenal, Mengerti, dan Menggunakan Angka – Angka Dalam Chord”

  1. artikelnya kocak tapi bermanfaat eii….

    ga bosan nich bacanya . . .

    hee..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: