Atasi Kejenuhan, Buat Musikmu Sendiri dan Kembangkan Kreatifitasmu dengan Berbagai Hal Baru

Gue dah bosen nichBagi seorang musisi yang rajin (yang gak rajin juga oke dech🙂 ), berlatih dan mengembangkan pengetahuan musiknya setiap hari adalah hal yang WAJAR!! eh salah WAJIB ndink😀 . Namun sehebat apapun “musicman” tersebut, kejenuhan terkadang menjadi soulmate dalam berlatih WK WK WK. Hal ini disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal dan bersifat subjektif dari pribadi “musicman” tersebut  T_T .  Misalnya, kurangnya materi baru untuk dipelajari, bosan dengan gitar ato ephek (effect) yang itu-itu aja, dan juga faktor eksternal seperti nggak punya band, ato temen-temen band udah nggak asyik lagi gitu walah-walah😦

Di sini gw pengen sharing about my experience to overcoming those boring things ato kejenuhan berlatih nich, coz gw juga sering ngalami kayak begituan cuy T_T . Ne berbagai macam tips buat temen-temen, ne juga gw dapaetin dari pengalaman temen-temen yang lain gitu. Coba dech cari yang paling cocok gitu.

Pertama :

Pengaruh dari materi yang kita pelajari. Kayaknya yang satu ini bakal jadi penjelasan panjang nich. Terkadang kita merasakan kenapa kog main musik lama-lama jadi membosankan and gitu-gitu aja ya? Ada banyak pendapat tentang apa jawaban sebenarnya dari pertanyaan tersebut. Seperti keterangan di atas, jenuh bisa disebabkan karena kita sudah kekurangan gizi he he he, maksud gw materi baru untuk dipelajari. Jadi nyari materi baru itulah yang mungkin menjadi solusi terbaik bagi kita jika keadaannya seperti ini. Buku-buku musik kini telah banyak terbit di toko buku, misalnya Gramedia ato yang lainnya. Wah gw malah punya trick yang cukup aneh nich, biasanya gw ke gramedia cuma datang buat baca buku gitu tapi gak beli he he he. Mampir ke bagian musik gitu terus baca bukunya, dihapal and dipraktekin di rumah ehem ehem ehem. Ato cari berbagai macam lesson gratis di internet gitu bro, bisa lewat streaming (video) juga, download pdf secara langsung ataupun via P2P (torrent) gitu lox. Oiya gw ada link bagus nich buat belajar (tapi khusus guitarist nich, maaf ya buat temen2 yang gak main gitar gitu😦 ) Kita masuk di u.g TV (ultimate-guitar TV), masuk di bagian guitar lesson and cari aja tu bang Kristopher Dahl yang dah nunggu disana (temuakn dia dengan ketik “shred masterclass” pada bagian search he3), atau klik Link ini aja deh Shred Masterclass dia bisa ngajarin kita berbagai macam hal dan cara penyampaiannya lucu banget he3, selain itu dalam video juga tersedia tablature permainan sehingga kita dapat mengikutinya dengan baik.

Jikalau gizi yang dibutuhkan tersebut sudah tersedia, jenuh juga bisa muncul apabila apa yang kita konsumsi tidak tepat (atau belum tepat) untuk tubuh kita. Hal ini menegaskan tentang cara kita belajar. Seperti halnya sekolah, kita tidak mungkin untuk mempelajari matematika kelas 3 SD tanpa lebih dulu menyelesaikan kelas 1 SD. Pelajarilah tahap demi tahap, dari tempo yang pelan hingga akhirnya mampu untuk memainkannya dalam tempo yang cepat dan juga bersih, karena memang lebih baik main lambat tapi bersih dan bagus daripada bermain cepat namun suaranya amburadul hewewewe🙂 . Dan jangan lupa berlatih dengan mengikuti tempo (latihan harus pake metronome cuy). Bila kita termasuk orang yang gampang menyerah dan tidak percaya diri, atau kita kesulitan untuk memahami materi yang ada atau kita termasuk orang yang udah belajar tapi tetep gak bisa-bisa juga, carilah orang yang mungkin bisa memberikan saran positif kepada kita dalam bidang musik ketika kita mulai jenuh, misalkan seorang guru musik ataupun teman-teman yang juga paham terhadap musik. Mungkin kita juga bisa join di forum musisi.com maupun komunitas bengkel musik gitu and bikin posting tentang masalah kita, pasti temen-temen forum mau memberikan saran terbaiknya.

Selanjutnya, setelah makan cukup banyak, kita akan memenuhi segala kebutuhan gizi kita, tapi namanya juga makan, kalau dah kenyang ntar bakal tiba saatnya perut bakal buru-buru pengen ke bak sampah spesial manusia gitu (maksud gw bakal kebelet BAB di toilet)😀 BWA HA HA HA HA ehem ehem. Percuma aja belajar banyak tapi gak pernah BAB gitu, eh gak pernah di curahkan ke dalam sebuah karya seni pribadi. Setelah kita memiliki cukup banyak referensi, agar tidak lekas jenuh, buatlah sebuah karya misal lagu solo pribadi dan praktekkan segala apa yang telah kita dapatkan agar tidak menyumbat kepala terlalu lama dan justru mempercepat datangnya “mas bosan” ehem ehem. Hal ini dapat kita lampiaskan dengan cara menulis lagu, ngejam bareng temen-temen band, atau temen-temen sekolah/kampus, ngejam ama software computer (misal fruity loop atau band in a box), merekam permainan kita dan ngejam bareng rekaman tersebut ato sekalian aja bikin musik instrumental gitu cuy, dan lain sebagainya. Hmmm hal ini juga dapat dipermudah bila kita memiliki efek tertentu yang memiliki fasilitas loop misalnya Boss Digital Delay 3 yang bisa merekam hingga 40 detik dan Boss GT 10 hingga 38 detik. Yang paling menyenangkan ya kalau kita adalah keyboardist yang kibornya bisa mainin midi dll, wuih asyik banget. Kalau kita punya efek kayak gini, kita bisa ngejam ama diri sendiri sesuka hati. Setelah isi perut dikeluarkan, kita bisa mengisi perut lagi dengan makanan bergizi lainnya he3x.Udah ah istirahat dulu gitu

Kedua :

Istirahat itu penting, bermain gitar sama saja seperti kita berolahraga karena dapat membuat otot-otot terutama jari-jemari dan sebagian lengan menjadi lelah. Namun bosan yang satu ini tidak muncul karena kita berlatih terlalu lama, melainkan ketika otot kita telah merasa lelah (bosan yang terjadi karena tubuh kita memang sudah tidak mampu lagi dalam waktu tersebut. .Setelah sampai pada keadaan ini, kualitas permainan kita akan memburuk (contohnya jari mulai gemetaran) dan otomatis mood kita akan memburuk secara drastis, saat inilah bosan akan muncul. Apalagi bila kasus seperti ini berulang setiap hari. Bila hal ini terjadi, segeralah beristirahat untuk mengembalikan energi dan berlatihlah lagi setelah beberapa saat. Hal ini identik dengan teori hyper recovery bagi para olahragawan. Bila kita memaksakan penggunaan otot kita, maka sistem pembentuk otot tersebut (gw lupa namanya he he he🙂 ) akan rusak atau robek sehingga terkadang akan terasa nyeri. Namun bila kita mengistirahatkan otot-otot tersebut, maka mereka akan memperbaiki jaringan-jaringan yang telah rusak itu dan menghasilkan sistem yang lebih kuat daripada sebelumnya (otot menjadi lebih besar). Yaaa kalau udah gini, kalau tangan udah pegel main legato (pull off/hammer on) maupun bending yang berat, istirahatin aja dulu tu tangan biar gak ngambek. Makan dulu atau main game, atau nonton video lesson pokoknya apa aja deh yang positif (and bukan maksiat cuy). Setelah beberapa saat, atau keesokan harinya, latihan lagi dunk and gw yakin akan terasa perkembangannya.

Jenuh karena lelah tidak hanya terjadi karena masalah di tubuh kita, namun juga terjadi karena mental dan semangat kita yang telah terbakar habis. Berlatih tiap hari sudah tentu akan membuat jenuh seseorang, ya seperti kita dipaksa makan tahu setiap hari tanpa berganti lauk pauk aduduh. Saat hal ini terjadi, istirahat untuk sementara waktu adalah hal yang terbaik. Hentikanlah sejenak latihanmu, tapi jangan berhenti untuk selamanya donk. Berhenti latihan tidak dikatakan kita vacuum dalam bermain gitar untuk sementara. Mungkin kita bisa bermain menggunakan alat music lainnya missal keyboard ato drum gitu (kalau ada he he he). Atau bagi gitaris bisa switch dari gitar electric menjadi acoustic dan sebaliknya. Kita berhenti berlatih, namun kita bisa mengisi waktu luang tersebut buat bernyani dengan gitar kita, tapi yang santai aja misalkan nyanyi lagu yang ayik gitu (contoh Wali – Cari Jodoh dll). Atau bila kita memang sudah bosan bermain musik. Istirahatkanlah tubuhnmu secara total, untuk sementara berhentilah jadi pemain, tapi tetap jadi pendengar gitu biar wawasan tetap bertambah walau sedang tidak berlatih. Atau kita mencari hal yang menumbuhkan semangat musik kita kembali ketika kita beristirahat, misalnya dengan melihat konser baik live atau rekaman.

Ketiga :

Beli alat ato efek baru bro. Wah ini kayaknya susah ya kalau jajan kita emang tiap harinya mepet gitu, aduuuh. Ya tapi cara yang satu ini jangan dipaksainlah. Ato paling enak kalau buat gitarist atao basist ya beli senar baru ato pick baru yang model lain gitu, biar nambah semangat walau cuma dikit he he he. Ato bila kamu punya banyak rangkaian efek ataupun multiefek, bosan dapat ditanggulangi dengan cara mencari-cari suara baru (atau aneh juga gak papa) untuk sound kamu, hal ini dapat member kreatifitas dan semangat kembali bagi kita.

Keempat :

Jangan latihan dirumah ataupun main di studio terus dunk, rajin-rajinlah ikut festifal, karena hal ini adalah teknik terbaik dalam menumbuhkan semangat gotong royong eh semangat musik seorang “musicman” gitu. Ketika kita ditantang untuk megikuti festifal kan sudah pasti kita bakal berusaha untuk berikan yang terbaik (kecuali kalau emang gak niat ikut festifalnya gitu ck ck ck)

Wah untuk sementara sekian dulu ya dari gw, sebenernya masih banyak cara dalam berlatih agar tidak cepat bosan. Mungkin suatu saat nati, gw bisa kasih tambahan artikel nich, maaf ya kalaw ada kata-kata yang salah gitu, Gw dari Aliansi mau menerima segala kritik dan saran dari temen-temen kog kalau-kalau ada tulisan yang salah. Thx Yawh

Aliansi Band

Article By : Tesha – Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on August 27, 2009.

2 Responses to “Atasi Kejenuhan, Buat Musikmu Sendiri dan Kembangkan Kreatifitasmu dengan Berbagai Hal Baru”

  1. Beli gitar bekas murah brp”an y
    aq mw bli yg epiphone aj . .
    Reply ke afrianto_putra_ramdani@yahoo.com

    • Wadawh gw tauNya cm daerah jogja doank nich coy.. Yaa maklumlah anak lokal he he he.. Q sich pernahnya liat harga paling murah 700rbuan gt coy, tapi entah masih ada ap gak, biasanya sich kayak gtuan cepet bgtE lakunya wah3🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: