Melodic Minor

Melodic minor dibentuk dari tangga nada minor yang dinaikkan setengah langkah nada ke 6 dan 7 nya.atau jika dibandingkan dengan tangga nada mayor, maka tangga nada melodic minor bisa dilihat sebagai tangga nada mayor yang diturunkan setengah langkah pada nada ke 3 nya.

Rumus Jaraknya adalah 1, 1/2, 1, 1, 1, 1, 1/2
Contoh tangga nada melodic minor:
A Melodic minor = A B C D E F# G#
C Melodic Minor = C D Eb F G A B

Tidak seperti harmonic minor yang suaranya terdengar eksotik, dan terbatas penggunaannya, melodic minor diciptakan untuk “memperbaiki” tangga nada harmonic minor sementara tetap menyisakan leading tone yang ada. Dalam teori music klasik, tangga nada melodic minor disusun berbeda tergantung apakah dia dimainkan secara ascending atau descending. Jika dimainkan secara ascending maka melodic minor mempunyai struktur natural minor biasa yang dinaikkan nada ke 6 dan ke 7nya, dan jika dimainkan secara descending maka strukturnya identik dengan natural minor scale. Dalam improvisasi modern, kita tidak menggunakan metode seperti itu, melainkan memainkannya sama baik secara ascending maupun descending. Melodic minor scale sangat sering dipakai dalam music jazz, beberapa musisi juga sering menyebutnya dengan jazz melodic minor scale. Mengenai penggunaan melodic minor scale pada music jazz akan saya bahas pada lesson yang lain, pada lesson kali ini saya akan membahas struktur harmoni dan modes yang dibentuk dari melodic minor scale.

Berikut ini adalah daftar nada dan chord yang dihasilkan dari harmonisasi A melodic minor

I=ACEG#= 1 b3 5 7 = Minor Major 7
II=BDF# A= 1 b3 5 b7 = Minor 7
IIIb=CEG#B= 1 3 #5 7 = Mayor 7 (#5)
IV=DF#AC= 1 3 5 b7 = Dominant 7
V=EG#B D= 1 3 5 b7 = Dominant 7
VI=F#ACE= 1 b3 b5 b7 = Minor 7 b5
VII=G#B DF#= 1 b3 b5 b7 = Minor 7 b5

Setelah memperoleh chord-chord yang dihasilkan dari melodic minor scale, kita akan belajar mengenai modes yang dihasilkan dari melodic minor scale. Cara menyusun modes dari melodic minor scale sangat mudah, yaitu dengan merubah root scalenya (yang diperoleh dari melodic minor scale) tanpa merubah susunan jarak melodic minor scale itu sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh penyusunan modes dari A melodic minor di bawah ini

A B C D E F# G# =Melodic Minor
B C D E F# G# A =Dorian b2
C D E F# G# A B =Lydian #5
D E F# G# A B C =Lydian b7
E F# G# A B C D =Mixolydian b6
F# G# A B C D E =Aeolian b5
G# A B C D E F# =Super Locrian

Modes yang dihasilkan bisa mempunyai beberapa nama sekaligus, tergantung dari cara memandangnya, namun nama yang saya berikan di atas adalah nama2 yang cukup umum dalam konteks musik jazz. Janganlah bingung dengan pemberian nama yang berbeda, yang perlu kita pahami adalah esensi elemen nada dari masing-masing modes yang dihasilkan (scale degree yang dihasilkan).

Melodic minor adalah salah satu scale yang paling sering digunakan dalam musik jazz. Scale ini merupakan modal dasar untuk berimprovisasi terutama untuk bermain “Outside”. Memahami scale ini akan membuat permainan kita lebih variatif akan tetapi perlu diperhatikan bahwa ada perlunya sebelum memahami ini semua kita perlu tahu terlebih dahulu diatonic scale dan harmonisasi yang dihasilkannya, karena persentase yang paling besar dalam melodi musik sehari hari kebanyakan mempunyai akar pada major scale, dengan memahami major scale kita bisa menggali lebih dalam lagi dunia melodic minor.

Terimakasih pada mas Andy Owen yang telah membuat materi ini..

Ingin tau lebih lanjut kunjungi http://musisi.com/

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

~ by aliansitheband on August 25, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: