Improvisasi Chord, Siapa Takut !!! (Gunakan Chord-Chord Jazzmu)

G Major 01bHmmmmmmmm temen-temen yang gw hormati halah :-) , sebelumnya gw kasih tau sesuatu nich, yang gw tulis dalam artikel yang satu ini adalah kelanjutan dari artikel yang sebelumnya yaitu “Chord Jazz” maupun yang “Inversi Chord”. Jadi buat temen-temen yang sudah paham bisa klik next and yang belum tolong baca dulu yang sebelumnya atau klik cancel untuk membatalkan proses instalasi he he he. Wah langsung aja nich, pada artikel sebelumnya dibahas bagaimana caranya menciptakan chord sekaligus bagaimana menyederhanakannya, nah sekarang kalau udah tau ya tinggal dipake gitu. Dalam artikel Chord Jazz gw dah njelasin sebagian kecil dari cara penggunaannya, nah ini berikutnya adalah pengembangan dari apa yang telah kita dapatkan sebelumnya. Kemarin sekedar makai and sekarang kita jadiin buat improvisasi gitu he he he, improvisasinya jangan scale-scale terus dunk, kalau berani pake chord gitu and chordnya juga yang keren dunk. Oiya prend btw maaf banget ya, pada bagian “nada yang diubah” di artikel Chord Jazz gw sebelumnya ada kesalahan nich, maaf banget yo tapi cuma itu aja kog and udah gw perbaikin gitu kalimat sekaligus contohnya :-( .

Sekarang saatnya pertanyaan emang gimana to improvisasi pake chord ? Kan lebih enak pake harmonik minor gitu he he he :-) . Ya ini buat mengembangkan ilmu kita gitu lho jangan gitu-gitu terus he he he. Nah langsung saja dan yang paling dasar perlu diketahui, penggunaan chord-chord aneh tersebut gunanya sebagian besar adalah untuk substitusi ataupun yang paling keren adalah untuk jembatan chord. Tapi bagaimana cara menggunakan jembatan chord tersebut ? Sebelumnya udah pernah gw jelasin dengan cara pake chord diminished dan augmented gitu, nah ini sekarang pake chord berangka dan juga altered chord cuy.

INTERVAL SETENGAH NADA

Dalam artikel “Pengembangan Bass” gw njelasin kalau perjalanan antar chord itu akan bagus kalau jaraknya setengah nada dari salah satu nada yang menjadi susunan chord sebelumnya. Nah itu kan kalau di nada bass, kan asalkan nada-nadanya sama walau dibolak-balik tetep menghasilkan chord yang sama gitu he he he. Benernya agak gak nyambung sich tapi intinya perpindahan setengah nada tersebut juga dapat dilakukan di nada tinggi gitu bahkan pada semua nada dalam sebuah chord.

Coba temen-temen mainin komposisi kayak gini

|  C  CM7 C7  .  |  CM7  .  Cm7  .  ||

Coba rasain deh perpindahan nadanya, kan rasanya tetep nyambung n bagus gitu kan ? Terus kenapa kog tetep nyambung lha ini penjelasannya :

Contoh Jazz 1

Di dalam komposisi tersebut terdapat perpindahan dari nada C (dalam chord C) kemudian menuju B (dalam CM7) dan A# (dalam C7) yang jaraknya masing-masing setengah, nah nada inilah yang menyebabkan ketiga chord tersebut tetep nyambung gitu. Terus dari C7 balik lagi ke CM7  kan ada setengah nada juga gitu. Setelah bar berikutnya, gw pake jembatan chord baru yaitu Cm7 yang mengandung nada D#, kan di CM7 ada E yang jaraknya juga setengah dari E gitu he he he. Ya misalkan Jawa Timur ama Madura kan gak nyambung tu, tapi berkat adanya Bang Suramadu yang nongkrong di atas laut, Surabaya dan Madura jadi nyambung gitu kan ? Dan dalam improvisasi kita dapat menggunakan chord apa saja yang ada dalam harmony nada dasar lagu sebagai penghubung antar chord, dan aturan tentang I ii iii IV V7 vi vii tidak berlaku pada chord penghubung tersebut (tapi untuk harmoni atau susunan chord dasar progresinya tetep pakai teori ini lho :-D ). Dengan hal ini bila nada dasar lagu adalah C (harmoninya C Dm Em F G7 Am Bdim) kita bisa menggunakan chord-chord yang ada dalam harmoni sebagai penghubung tanpa memperdulikan jenis chordnya lagi, yang perlu diperhitungkan adalah apakah ada perpindahan setengah nada antara chord penghubung tersebut. ? Jadi kita bisa melakukan perubahan jenis chord dari major menjadi minor dan lain lain. Tapi ini hanya berlaku untuk chord penghubung lho cuy, yang chord utama tetep menggunakan prinsip harmony and kalau mau diubah ya  pake prinsip chord jazz and gak boleh ganti dari minor ke major dll, jangan lupa gitu :-p .

Misalkan chord utamanya |  CM7   .   .   .   |   .   .   .   .   |   Dm7   .   .   .   ||

Nah dalam titik-titik kosong tersebut kita dapat menggunakan chord apapun yang memiliki jarak setengah nada dengan salah satu nada pembentuk chord sebelumnya (kayak contoh gambar sebelumnya gitu). Ingat chord utamanya tetep gak boleh diganti jenisnya lho, tapi boleh disubstitusi jadi chord 6, 9, 13 dll, yang jelas major harus tetep major, minor harus tetep minor cuy.

Selain itu kita juga gak terbatas buat maju setengah nada maupun mundur setengah nada. Semuanya boleh kux. Yang penting kita membentuk jarak setengah nada dari chord sebelumnya, namun tetap harus dilakukan pada tempo yang tepat gitu cuy. Jangan terus temponya jadi kacau he he he. Teknik yang ini dinamakan paralel substitution progressive chord cuy.

Udah ngerti kan maksudnya ? Nah ini kalau menurut gw improvisasinya bisa jadi gini :

|  CM9   .   C9   .   |   Cm7   .   Dsus2   .   |   Dm7   .   .   .   |   .   .   .   .   ||

Coba deh cari not apa aja yang berpindah setengah nada dalam progresi di atasa he he he, and coba juga pake chord yang lain gitu, bikin sesuai keinginan temen-temen tapi asal jangan nglupain teorinya yawh. Yang lebih rumit juga oke tapi temponya juga harus bener.

NOT YANG SAMA ANTAR CHORD

Ini adalah teknik yang kedua, kalau gak maju and mundur terus ngapain dunk ? Ya diem ditempat gitu he  he he :-) .  Tapi bener kux, jadi dalam teknik ini kita membiarkan sebuah not terus dimainkan walaupun kita memasukkan chord lain pada improvisasi kita dan teknik ini disebut one not in chord progressive chord. Ya misalkan progresi kita pake nada dasar C and mulainya dari Am gitu :

|   Am7   .   .   .   |   .   .   .   .   |   Bm7   .   .   .   |   .   .   .   .   ||

Nah kita bisa melakukan improvisasi chord pada progresi di atas dengan one not in chord progressive chord, Coba deh cari not apa yang ada di Am7 dan ada di Bm7 juga he he he :-) . Ya kalau manut gw ya gw pake not A yang ada di senar 1 fret 5 gitu. Terus cari chord apa aja yang mengandung A untuk melengkapi isi improvisasi pada progresi di atas. Nah kalau gw jadinya kayak gini :

|   Am7   .   Adim7   .   |   Am7   .   Dm7   Cm13   |   Bm7   .   .   A13   |   Dadd9   .   .   .   ||

Coba liat gambar biar lebih jelas gitu.

Contoh 2

Di masing-masing chord tersebut selalu terdapat nada A, nah nada inilah yang menyebabkan progresi aneh tersebut tetap terdengar “OKE” di telinga ha ha ha :-D . Jangan lupa coba pake chord yang lain lho, yang penting ada nada yang sama gitu, n biar suaranya bagus kalau bisa nada yang sama juga ada dalam oktaf yang sama gitu. N diusahain bisa bro, kalau susah ya coba fingeringnya diubah atau chordnya disederhanakan.

Btw masih ada beberapa teknik lagi dalam penggunaan chord jazz namun sementara itu dulu aja yawh, dengan 2 ini aja udah ribuan komposisi yang bisa temen-temen bikin lho he he he, jangan lupa latihan pake metronome lho. Tapi sebelumnya gw ada tips nich supaya bikinnya lebih gampang, ini dia kalau manut pengalaman gw dalam berimprovisasi pake chord :

Pertama, hapalkan berbagai bentuk chord jazz dalam otak temen-temen, penghapalan bentuk fingering kayak gini bisa mempermudah kita dalam menentukan chord penghubung improvisasi kita. Sering-sering kunjungin Jguitar atau website lainnya, terus save aja gambar-gambar chordnya gitu cuy.

Kedua, ketahui dulu nada dasar dari lagu tersebut, ini akan mempermudah kita dalam menentukan chord apa yang tersedia dan akan digunakan karena nada chord yang akan dipakai masih bergantung pada harmoni walaupun tidak ada batasan terhadap jenis chordnya (major, minor atau dominan). Kalau dijelasin lagi, misal nada dasarnya C (C D E F G A B), materi improvisasi yang akan digunakan adalah salah satu chord dalam harmoni C Major scale. Chord-chord tersebut boleh diubah menjadi minor, major, dominan dll yang penting adalah di atas chord tersebut dapat digunakan salah satu dari teknik jembatan chord. Tapi pengubahan bebas seperti ini hanya berlaku pada bagian improvisasi (jembatan chord), chord yang menjadi progresi dasar tetap harus mengikuti aturan pengubahan bentuk chord (minor ya perubahannya minor gitu). Benernya sich kita bisa lepas dari aturan nyebelin ini, tapi besok-besok deh gw jelasin di article selanjutnya, yang jelas lagi gw rencanain gitu he he he :-D .

Ketiga, tentukan mau pake teknik yang mana dulu gitu, paralel substitution progressive chord atau one not in chord progressive chord.

Keempat, tentuin nada apa yang mau dijadikan bahan memasak halah mengunakan teknik improvisasi chord tersebut. Misal A dan lain lain terserah temen-temen dech. Coba bentuk chordnya and sederhanakan kalau perlu. Kalau masih belum donk gimana nyederhanainnya baca aja artikel “Menyederhanakan Chord”

Kelima, terus catet biar gak lupa progresinya and sikaaaaaat !!!. gitu doank kux :-P . Oiya jangan lupain chord diminshed dan augmented lho, ntar ndak mereka cemburu. Mentang-mentang udah ada chord yang baru terus mereka ditinggalin he he he

Nah coba dech dipraktekin ke dalam lagu, tunjukin kalau band metal juga bisa masukin progresi jazz yang rumit ama teori gitu ha ha ha. Btw ini harus dilatih terus lho, yang paling susah dalam praktek teori ini adalah membentuk chord-chord rumit dengan lincah pake jari-jemari kita yang lembut ha ha ha.

Btw itu dulu ya dari gw. Ntar lain kali gw coba lagi dech bikin artikel yang lain gitu.

Article By : Tesha – Aliansi

Reference : Any Guitar Books by Abang Hendro. SD

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

About these ads

~ by aliansitheband on September 4, 2009.

3 Responses to “Improvisasi Chord, Siapa Takut !!! (Gunakan Chord-Chord Jazzmu)”

  1. Please send me chart of chord usages.
    Thank you

  2. Plesase send me chart of chord usage.
    thank You

  3. wow keren mas . . .

    klo boleh d kirim dong k email saya,catatan ato apa aja lah yg bisa di baca n’ d pelajari menganai jazz

    thank’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: