Asal Mula Harmony dan Jenis – Jenis Chord

Wah wah wah temen-temen yang mau lebih tau tentang chord, ato yang pengen penjelasan lebih dari “lesson mengenal major dan major 7th harmony” bisa dateng ke sini nich. Ne gw mau kasih beberapa penjelasan buat pengen tau lebih soal chord gitu he he he, tapi kalau yang udah tau ya kasih tau gw gitu ha ha ha :-) . By the way karena gw ini gitaris ya alat musik yang gw jadikan contoh ya gitar gitu, tapi artikel ini bisa untuk semua alat musik kog. Coz merupakan teori dasar.

Hmmm bila ketika keliling ke seluruh dunia, mungkin kita akan menemukan banyak sekali hewan dan serangga halah, tapi kita hanya akan mendapatkan 3 kelompok utama chord walau kita sudah bertanya pada penguin di kutub utara ck ck ck.

Kembali ke chord. Chord yang membangun seluruh musik dan melody di dunia ini (secara umum) hanya terdiri dari 3 macam yaitu Major, Minor, dan Dominant7. Dan ketiga chord tersebut tercipta dari susunan triad (appergio) oleh scale major nada tersebut (maksudnya mereka emang tercipta dari scale major). Hanya saja, khusus bagi Minor dan Dominant berasal dari scale major yang mengalami perubahan. Udah tau soal scale major kan? Kalau belum baca dulu dunk artikel yang sebelumnya (link di atas tadi) . Untuk hal ini saya gw akan menjelaskan dengan contoh scale C Major karena paling gampang he he he (jarak antar nadanya 1-1-1/2-1-1-1-1/2, notnya C D E F G A B)

Triad dari C Major adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke 3 dan nada ke 5 bila dari scale C Major yaitu not C, E, dan G

Triad dari C7 Dominant adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke 3 nada ke 5 dan nada ke b7 (nada ketujuh yang diturunkan setengah) bila dari scale C Major yaitu not C, E, G, dan Bb

Triad dari C Minor adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke b3 dan nada ke 5 bila dari scale C Major yaitu not C Eb dan G

Dalam semua chord di atas ada  satu yang punya embel-embel aneh yaitu C7 Dominant, megapa C7 Dominant harus menggunakan nada ke tujuh? Hali ini disebabkan oleh kesamaan triad dari C Major dan C Dominant, nada C, E, dan G. Selain itu tangga nada dominant adalah 1 2 3 4 5 6 b7, oleh karena itu untuk membedakannya, para musisi memberikan nada ke 7 sebagai ekstensi pada chord tersebut. Contoh di atas adalah berbagai nama pendiri chord (chord dasar). Sebenarnya masih banyak bentuk chord yang lainnya namun yang lain tersebut hanyalah perubahan atau keturunan dari para pendiri chord tersebut, misalkan G11#9b5, itu adalah chord dominant7 yang mengalami perubahan nada. Chord G7 Dominant yang ditambah nada ke 11, nada ke sembilan yang dinaikkan setengah not dan nada kelimanya diturunkan setengah not. Hal ini juga bisa berlaku pada semua chord dasar. Penjelasan mengenai chord aneh ini akan gw berikan pada lesson yang lain.

Hanya perlu 3 nada untuk membentuk sebuah chord dasar, coba bunyikan nada tersebut (misal C, E , G secara bersamaan) dan jreeeng nadanya adalah C Major. Yang lainnya juga dicoba lho.

Chord

Terbentuknya Harmony Chord

Bila kita melihat lesson yang sebelumnya “lesson mengenal major dan major 7th harmony” . Di sana dijelaskan bahwa harmony terdiri dari nada I (mayor), ii (minor), iii (minor), IV (major), V7 (dominant), vi (minor) dan vii (diminished).

Hey hey kog aneh bro, katanya Cuma 3 ? Tapi kog malah dikasih dimini dimini gituan sich. :-< ?

Wah gimana yo jawabnya, memang ketiga chord sebelumnya adalah chord dasar. Bila kita telah menguasai ketiganya kita udah bisa main musik dengan bagus and bisa mengiringi ratusan atau ribuan lagu yang ada kog. Diminished terbentuk karena pengaruh jarak antara nada dalam scale major. Ntar gw jelasin lagi dech, gw juga bingungE, maklum gw otodidak nich he he he :-D .

Nah modal inilah yang dijadikan para musisi untuk membuat lagu (kalau dalam lagunya tidak terdapat modulasi/perubahan nada dasar lho). Kalau nada dasar lagu kita C Major, mau bikin lanjutannya ya tinggal pilih antara Dm, Em, F, G7, Am, atau Bdim gitu cuy. Sebagian besar lagu memiliki mode kayak gini, nyari chord juga gitu kux. Cari nada dasar, kalau dah ketemu ya tinggal cari chord yang lain yang tersedia (kecuali lo alirannya Jazz yang gonta ganti nada dasar ya udah nyerah aja gitu kalau modal nyari chordnya baru ada kayak gini :-D ) baca artikel  “Mencari Chord dalam Sebuah Lagu” . Tapi untuk lagu pop kan aneh gitu kalaw pake chord G7, apalagi diminished. Kenapa kog Kuburan Band pake chord C A minor D minor ke “G” ke C lagi dll, kog bukan G7 gitu? Ya untuk menyelaraskan dengan musik pop, kita gak perlu menggunakan chord aneh tersebut. G7 kan hampir sama dengan G Major (udah dijelasin di atas lho), karena itu pemakaian G Major sah sah saja dalam harmony. Demikian juga dengan Bdim yang merupakan chord minor bisa diganti jadi B Minor saja.

Ne penjelasan tentang diminish tadi bro

Kalau di  harmony C major sebagai nada dasar, kan chordnya tu C, Dm, Em, F, G7, Am, atau Bdim. Semua chord ini tercipta dari scale C major (C D E F G A B C). Nada dasarnya C, terus cari nada urutan ketiga kan dapetnya E dan yang kelima dapetnya G and chordnya jadi major gitu. Terus kalau kita mulai dari D nada ketiganya tu F and nada kelimanya A terus jadinya minor. Coba mainin di fret gitar deh, kenapa kog jadinya minor. Coz nada ketiganya F berjarak 1 ½ nada dari D. Dan khusus diminished, kita mulai dari B, nada ketiganya D dan kelimanya F. kalau di mainin di gitar pake power chord (chord yang Cuma pake 2 nada itu lho, yang paling gampang buat main efek distorsi), biasanya kan nada kelima di pencet pake jari manis and nada dasarnya pake telunjuk dan kelingking. Tapi khusus ini malah nada kelimanya mundur setengah (mencetnya pake jari tengah) jadi di F gitu bro karena manut ama harmony scale C major. Akhirnya chord ini menjadi chord diminished yang rumusnya 1 b3 dan b5 dari scale major chord tersebut. Dan ini menjadi alasan utama mengapa terbentuk berbagai modes dan yang paling minimal di atas chord-chord tersebut kita bisa berimprovisasi hanya dengan 1 macam scale yaitu scale C Major.

By the way, ada 1 hal nich yang perlu kita pahami. Proses terbentuknya harmony beda lho ama terbentuknya chord. Chord adalah susunan triad yang terbentuk dari scale major nada tersebut (C Major dari scale C Major, C Minor dari scale C Major yang diubah dll). Sedangkan harmony adalah bagaimana cara kita menyusun chord-chord tersebut dalam sebuah susunan yang indah.

Article By : Tesha -Aliansi

BACK TO ALIANSI BAND’S HOME PAGE >>>>

About these ads

~ by aliansitheband on August 29, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: